Ciri Aki Mobil Rusak

Diposting pada

Ciri aki mobil rusak ada beberapa, misalnya:

  • Mesin cranks tapi tidak start,
  • Mesin tidak menyala atau tidak dapat dinyalakan dan lampu tidak menyala.
  • Hari ini masih baik, besoknya tidak lagi
  • Cold Crank sangat susah,
  • Sering melakukan jumper.

Baterai atau aki yang dibuat pada tahun 1952 atau yang lebih baru merupakan aki basah yang berbentuk kotak kubus dari bahan plastic berisi cairan asam sulfat dan timbale dengan dua terminal di bagian atas atau samping.

Sambungan kabel pada aki yang longgar dapat menjadi masalah besar bagi mobil, masalah sederhana namun bisa membingungkan.

Aki adalah jantung dari mobil, tanpa aki mobil tidak memiliki daya untuk memulai bergerak atau hal lain. Jadi penting untuk mengetahui cirri aki mobil rusak dan langkah antisipasinya.

Ciri Aki Mobil Rusak

Mesin dapat diengkol / cranks namun tidak start / menyala

Saat kita memutar kunci, tetapi tidak terjadi start, kemungkinan besar adalah masalah aki, meskipun mungkin bisa pengkabelan starter namun itu hanya kemungkinan kecil.

Meskipun kadang penunjukkan ammeter mobil tampak baik nilai tegangannya, namun kita tidak tahu bahwa kita tidak tahu kebutuhan tegangan mobil agar berjalan efisien.

Solusinya bisa mencoba melakukan jumper untuk melakukan starter. setelah mobil start, lepaskan kembali kabel, kemudian biarkan selama kurang lebih 30 menit sehingga alternator mengisi ulang aki.

Setelah dirasa cukup waktu pengisian ulang aki, matikan mesin. Tunggu satu menit kemudian hidupkan kembali. Pada aki normal start akan berhasil, karena aki sudah terisi.

Mesin tidak dapat diengkol / cranks, Tidak mau Start dan Tidak ada lampu menyala

Masalah ini memberi ciri aki mobil rusak adalah masalah utama. Pada dasarnya aki memberikan daya pada perangkat elektronika atau lampu indicator pada saat mobil tidak menyala sekalipun.

Maka jika semua aksesoris perangkat dan lampu mobil tidak menyala, kemungkinan besar aki dalam keadaan tanpa muatan / daya. Dan tidak memungkinkan melakukan starting secara normal.

Jika mobil tidak mau start namun lampu depan masih menyala itu menjadi masalah menarik, mungkin starter atau masalah mekanis pada mesin.

Aki normal hari ini, kemudian menjadi tidak normal dalam waktu dekat

Ciri aki mobil rusak bisa jadi terminal sambunggan longgar, rusak, korosi atau terkalsifikasi. Atau yang lebih tidak terprediksi adalah catu daya aki digunakan untuk perangkat khusus yang membutuhkan daya besar tanpa kita sadari.

Langkah penyelesaiannya adalah dengan memeriksa kabel aki, pastikan sambungan kuat dan aman dan kabel tidak terlihat hancur atau putus.

Periksa pemakaian daya, pastikan tidak ada perangkat dengan daya besar menguras daya aki pada saat mobil berhenti.

Cold Cranks yang sangat susah

Col Crank Amp merupakan alat yang member indikasi kebutuhan daya saat menstarter mesin mobil. Disebut cold cranks atau starter dalam kondisi mesin dingin atau pertama kali.

Jarang diperhatikan soal kapasitas aki, kecukupan untuk melakukan cold cranks.

Aki memberikan daya lebih sedikit saat suhu rendah, bahkan hampir setengah daya aki. Butuh kesabaran menyalakan mobil pada suhu rendah / dingin.

Aki sudah sering dijumper

Jika aki dijumper lebih dari tiga kali dalam seminggu, maka saatnya aki diganti yang baru. Bahkan aki baru dengan perlakuan yang sama, yaitu sering dijumper. Jumper adalah memaksa kerja aki secara kasar / mengejutkan.

Ciri Aki Mobil Rusak

Kondisi tidak ada lampu pengukur, lampu dash atau listrik menyala memutar kunci kesegala arah è Ulang tiga kali è Idle agak kasar selama berhenti.

Jumper aki setiap 3 – 5 hari atau lebih è Lampu redup / aksesoris redup saat start dimulai è Radio atau CD kadang mati.

Aki mati setelah 15 – 30 menit dalam kondisi mesin mati è Starter sulit dimulai

Starter dan alternator sudah mati dan sudah diganti è aksesoris menderit sebentar selama atau setelah starter è Lampu dan aksesoris redup atau berkedip ketika akselerator ditekan.

Cara starter secara langsung dengan aki mobil lain

Ciri Aki Mobil Rusak
Cara starter secara langsung dengan aki mobil lain
  1. Posisikan mobil berhadap-hadapan sehingga aki berdekatan.
  2. Untuk mobil transmisi manual, posisikan pada netral. Untuk transmisi otomatis, posiisikan pada parker. Matikan mesik, lepas kunci dan rem parker pada semua mobil.
  3. Gunakan kabel jumper, pastikan tidak ada logam yang bersentuhan. Pastikan warna klem merah dan hitam.
  4. Buka kap mobil keduanya, temukan terminal aki biasanya berwarna merah untuk positif dan hitam untuk negative.
  5. Pasang penjepit kabel merah pada terminal positif, pastikan sambungan kuat.
  6. Pasang penjepit kabel merah ujung lain ke terminal aki positif pada mobil satunya.
  7. Pasang penjepit kabel hitam ke terminal negative aki mobil yang berfungsi.
  8. Jangan hubungkan kablel hitam terakhir ke aki yang mati. Tapi pasanglah ke bagian logam yang tidak dicat. seperti pada mur yang bersih di blok mesin. Ini untuk memastikan jumper aman.
  9. Starter mobil yang berfungsi. Tunggu satu atau dua menit dan coba nyalakan mobil satunya yang akinya mati. Setelah kedunya menyala, biarkan beberapa menit.
  10. Untuk melepas kabel jumper, mulailah dengan melepas kabel hitam terlebih dahulu.

Berapa lama aki bertahan ?

  • Aki standar memiliki daya tahan pemakaian maksimum dua hingga tiga tahun.
  • Agar optimal, aki perlu diganti setiap dua atau sampai mendapatkan masalah.
  • Beberapa hal yang berpengaruh terhadap aki adalah: alternator, starter, solenoid, terminal. Yang perlu perhatian kinerjanya.
  • Usia aki yang sangat berpengaruh.
  • Pengaruh cuaca dan iklim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.